Detail mata kuliah Komunikasi Visual, program studi S1 Reguler - Ilmu Komunikasi

Detail SAP: Komunikasi Visual Tahun Ajaran 2009/2010 -02


Satuan Acara Pengajaran
Mata Kuliah SIK30052 - Komunikasi Visual
Pengajar Ehwan Kurniawan S.Sn., M.Sn.
Tujuan Perkuliahan Memberikan kemampuan dan ketrampilan proses desain visual mulai dari tahapan analisa, identifikasi hingga eksekusi sebuah brief desain ke dalam wujud aplikasi desain visual yang digunakan dalam sebuah iklan media cetak. Mengajarkan mahasiswa untuk: 1. Memahami jenis-jenis elemen visual sebuah desain dan penggunaanya dalam sebuah proyek desain 2. Mampu menterjemahkan brief klien ke dalam bentuk visual desain 3. Memiliki ketrampilan teknis dasar pembuatan dumy/mock-up desain visual sesuai standar industri 4. Memiliki ketrampilan teknis dasar penggunaan perangkat kerja desain grafis

Minggu Ke 1
Materi Tujuan Instruksional Khusus : Mengetahui dan memahami dunia desain grafis dan proses komunikasi visual dalam desain grafis Pokok Bahasan : Pengantar kuliah desain grafis, Peraturan Kelas terutama soal kehadiran, penjelasan tentang SAP, Penilaian Materi : Pengetahuan dasar desain grafis dan komunikasi visual
Media komputer lab dan proyektor infocus
Referensi 1. A century of Graphic Design, Jeremy Aynsley, Octopus publishing 2001 by Mitchell Beazley 2. Becoming a Graphic Designer, Steven Heller & Teresa Fernandes, John Wiley & sons, Inc 1999 3. Pengantar desain grafis, Adi Kusrianto, Penerbit Andi Yogyakarta, 2007 4. Graphic Design 21st Century, Charlotte & Peter Fiell Taschen 2002 5. Design Literacy, Steven Heller, Allworth press, new york 2004 6. Design Elements, Timothy Samara, rockport publisher 2007
Aktivitas 1. Ceramah 2. Presentasi Slide 3. Diskusi 4. Tugas

 

Minggu Ke 2
Materi Tujuan Instruksional Khusus : Mengetahui dan memahami proses pencarian ide dan gagasan komunikasi visual dalam desain grafis Pokok Bahasan : Proses Kreatif + Praktek Brainstroming ide dan tema tugas Materi : Menggali ide menjadi suatu gagasan visual menggunakan prinsip dan elemen2 desain
Media proyektor presentasi infocus komputer lab
Referensi Sumber Bahan : 1. A century of Graphic Design, Jeremy Aynsley, Octopus publishing 2001 by Mitchell Beazley 2. Becoming a Graphic Designer, Steven Heller & Teresa Fernandes, John Wiley & sons, Inc 1999
Aktivitas 1. Ceramah 2. Presentasi Slide 3. Diskusi 4. Tugas

 

Minggu Ke 3
Materi Tujuan Instruksional Khusus : Mampu memahami proses berkarya desainer grafis dari ide menjadi komprehensif Pokok Bahasan : Tahapan Kerja + Praktek gambar bahasa visual Materi : Proses penggalian ide-sketsa-rough desain-komprehensif objek hitam-putih, dan flora dan fauna
Media proyektor infocus komputer lab
Referensi Sumber Bahan : 1. Design Elements, Timothy Samara, rockport publisher 200 2. Handbook of visual communication, theory, Method, and media, Lawrence Erlbaum associates, publisher London 2005 3. The design Manual, David Whitebread, UNSW Press, 2002
Aktivitas presentasi praktek lab diskusi tanya jawab Tugas

 

Minggu Ke 4
Materi Tujuan Instruksional Khusus : Mengetahui tentang logo dan memahami proses pembuatannya melalui tahapan kerja Pokok Bahasan : Logo + Praktek Aplikasi Ilustrator Materi : Menggabungkan elemen visual huruf dan objek menjadi sebuah logo inisial nama
Media komputer lab dan proyektor infocus
Referensi Sumber Bahan : 1. Logo design workbook, rockport publisher 2004 2. Logo, Surianto Rustan, Gramedia 2009 3. Logos: making a Strong Mark, anistatia miller & jared Brown, crative sons publisher 2001
Aktivitas 1. Ceramah 2. Presentasi Slide 3. Diskusi 4. Tugas

 

Minggu Ke 5
Materi Tujuan Instruksional Khusus : Mampu mengaplikasikan gagasan visual menjadi komprehensif ke dalam media aplikasi Pokok Bahasan : Praktek Aplikasi Adobe Ilustrator membuat logo Materi : Membuat Logo dari manual ke digital menggunakan software Illustrator
Media komputer lab dan proyektor infocus
Referensi Sumber Bahan : 1. logos: making a Strong Mark, anistatia miller & jared Brown, crative sons publisher 2001 2. How to do Everything, Adobe illustrator CS4, Sue Jenkins
Aktivitas 1. Ceramah 2. Presentasi Slide 3. Diskusi 4. Tugas

 

Minggu Ke 6
Materi Tujuan Instruksional Khusus : Untuk mangetahui proses berkarya membuat karya desain melalui ilustrasi Pokok Bahasan : Ilustrasi + Praktek Aplikasi Ilustrator Materi : Membuat objek bentuk desain maskot menggunakan ilustrasi
Media komputer lab dan proyektor infocus
Referensi Sumber Bahan : 1. Creative Illustration, Andrew Loomis, Viking 1947 2. Perspektif guide drawing, Gwen White
Aktivitas 1. Ceramah 2. Presentasi Slide 3. Diskusi 4. Tugas

 

Minggu Ke 7
Materi Tujuan Instruksional Khusus : Mampu membuat ilustrasi digital dari hasil gagasan ide visual dan skatsa manual Pokok Bahasan : Praktek Aplikasi Ilustrator + mengolah bentuk Materi : Mengaplikasikan bentuk gambar mascot, dari manual menjadi digital
Media komputer lab dan proyektor infocus
Referensi Sumber Bahan : 1. Creative Illustration, Andrew Loomis, Viking 1947 2. Perspektif guide drawing, Gwen White 3. How to do Everything, Adobe illustrator CS4, Sue Jenkins
Aktivitas

 

Minggu Ke 8
Materi UTS (take home) self promotional (adobe illustrator)
Media
Referensi
Aktivitas

 

Minggu Ke 9
Materi Tujuan Instruksional Khusus : Mengetahui tentang periklanan dalam desain grafis dan proses pengerjaannya Pokok Bahasan : Iklan + Praktek Aplikasi Photoshop Materi : Brainstorming ide dan gagasan dalam pembuatan promotion item Sumber Bahan : 1. Klepner Advertising procedure 7-8, Thomas russel, elex media komputindo 2. Photoshop creative Mags 1-5 series 2007 3. No Copy Advertising, Razar dzamic, rotovision 2001
Media komputer lab dan proyektor infocus
Referensi Sumber Bahan : 1. Klepner Advertising procedure 7-8, Thomas russel, elex media komputindo 2. Photoshop creative Mags 1-5 series 2007Meggs, Philip B., A History of Graphic Design, Van Nostrand Reinhold Company, New York 1983.
Aktivitas

 

Minggu Ke 10
Materi Tujuan Instruksional Khusus : Memahami proses pengerjaan iklan cetak dengan menggunakan aplikasi photoshop Pokok Bahasan : Praktek Aplikasi Photoshop membuat iklan Materi : Membuat iklan cetak dari ide dan gagasan visual menjadi aplikasi digital
Media komputer lab dan proyektor infocus
Referensi Sumber Bahan : 1. Photoshop creative Mags 1-5 series 2007Meggs, Philip B., A History of Graphic Design, Van Nostrand Reinhold Company, New York 1983. 2. Poster design, David Airey website 2009
Aktivitas 1. Ceramah 2. Presentasi Slide 3. Diskusi 4. Tugas

 

Minggu Ke 11
Materi Tujuan Instruksional Khusus : Mengetahui tentang poster dan proses pengerjaannya Pokok Bahasan : Kampanye + Praktek Aplikasi Photoshop Materi : Penggalian ide dan gagasan tema dari kampanye dalam poster
Media komputer lab dan proyektor infocus
Referensi Sumber Bahan : 1. Photoshop creative Mags 1-5 series 2007Meggs, Philip B., A History of Graphic Design, Van Nostrand Reinhold Company, New York 1983. 2. Poster design, David Airey website 2009
Aktivitas 1. Ceramah 2. Presentasi Slide 3. Diskusi 4. Tugas

 

Minggu Ke 12
Materi Tujuan Instruksional Khusus : Mengetahui proses pengerjaan poster dari penggalian ide dan gagasan ke dalam proses digital Pokok Bahasan : Praktek Aplikasi Photoshop pengerjaan poster kampanye Materi : Pengerjaan aplikasi poster menggunakan aplikasi digital photoshop
Media komputer lab dan proyektor infocus
Referensi Sumber Bahan : 1. Photoshop creative Mags 1-5 series 2007Meggs, Philip B., A History of Graphic Design, Van Nostrand Reinhold Company, New York 1983. 2. Poster design, David Airey website 2009
Aktivitas 1. Ceramah 2. Presentasi Slide 3. Diskusi 4. Tugas

 

Minggu Ke 13
Materi Tujuan Instruksional Khusus : Mengetahui dan memahami tentang publikasi dalam media cetak Pokok Bahasan : Publikasi + Praktek Aplikasi Indesign Materi : Membuat publikasi newsletter menggunakan indesign
Media komputer lab dan proyektor infocus
Referensi Sumber Bahan : 1. Color, betty Edwards, penguin 2004 2. indesignCS2, Ted Locasio, Sybex 2005 3. Joseff Muller Brockmann, Grid sytem, raster System 2001 4. Problem Solved, Michael Johnson, Phaidon Press 2002
Aktivitas 1. Ceramah 2. Presentasi Slide 3. Diskusi 4. Tugas

 

Minggu Ke 14
Materi Tujuan Instruksional Khusus : Mengetahui dan memahami tentang publikasi dalam media cetak Pokok Bahasan : Praktek Aplikasi Indesign membuat advertorial Materi : Membuat publikasi advertorial menggunakan indesign
Media komputer lab dan proyektor infocus
Referensi Sumber Bahan : 1. Color, betty Edwards, penguin 2004 2. indesignCS2, Ted Locasio, Sybex 2005 3. Joseff Muller Brockmann, Grid sytem, raster System 2001 4. Problem Solved, Michael Johnson, Phaidon Press 2002
Aktivitas 1. Ceramah 2. Presentasi Slide 3. Diskusi 4. Tugas

 

Minggu Ke 15
Materi Tujuan Instruksional Khusus : Untuk mengetahui Proses akhir dari pekerjaan desain hingga proses pra cetak Pokok Bahasan : Prepress & Printing + Praktek Aplikasi Indesign Materi : Membuat Final Artwork, persiapan cetak dari semua item menjadi PDF
Media komputer lab dan proyektor infocus
Referensi Sumber Bahan : 1. indesignCS2, Ted Locasio, Sybex 2005 2. Problem Solved, Michael Johnson, Phaidon Press 2002 3. mastering digital Printing, Harald Johnson, Thomson course technology 2005
Aktivitas 1. Ceramah 2. Presentasi Slide 3. Diskusi 4. Tugas

 

Minggu Ke 16
Materi UAS (take home) Kampanye sosial dalam media cetak
Media
Referensi
Aktivitas