Detail mata kuliah Pemasaran Interaktif, program studi S1 Reguler - Ilmu Komunikasi

Detail SAP: Pemasaran Interaktif Tahun Ajaran 2009/2010 -02


Satuan Acara Pengajaran
Mata Kuliah SIK30083 - Pemasaran Interaktif
Pengajar Coky Fauzi Alfi S.E
Dr. Irwansyah S.Sos., M.A.
Tujuan Perkuliahan Memberikan pemahaman tentang konsep-konsep media interaktif yang mendasari perkembangan pemasaran interaktif sebagai salah satu elemen dalam komunikasi pemasaran, serta pemahaman tentang pendekatan-pendekatan menyeluruh dalam penyusunan rencana, organisasi, implementasi, dan evaluasi program pemasaran interaktif. Setelah selesai mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu: (1)Memahami teori, konsep, strategi dan taktik dari media interaktif yang dapat diaplikasikan ke dalam suatu penyusunan program pemasaran interaktif; (2) Menyusun rencana, mengelola dan mengevaluasi program pemasaran interaktif untuk suatu produk yang dipasarkan.

Minggu Ke 1
Materi Pengantar Pemasaran Interaktif: - Pengenalan e-marketing - Pengenalan Internet Marketing - Sejarah dan Proses Pemasaran Interaktif dan Langsung
Media Laboratorium Multimedia
Referensi Chaffey, Mayer, Johnston, & Ellis-Chadwick, 2000, Bab 1. Mohammed, Fisher, Jaworski, & Cahill, 2000, Bab 1. Spiller & Baier, 2009, Bab 1 ================================================= ACCA, Finding information on the Internet (2005), England: Directors? Briefing Spiller, L., dan Baier, M. (2009) Contemporary Direct and Interactive Marketing, Second Edition , New Jersey: Prentice-Hall, Inc. Mohammed, R. A., Fisher, R. J., Jaworski, B.J., dan Cahill, A.M (2000). Internet Marketing: Building Advantage in a Networked Economy, Second Edition, New York: McGraw-Hill, Inc. Cross, Richard & Smith, Janet Chaffey, D., Mayer, R., Johnston, K., dan Ellis-Chadwick, F. (2000). Internet Marketing: Strategy, Implementation and Practice, First Published, London: Prentice-Hall, Inc. Chaffey, D & Smith, PR. (2008). E-Marketing : Excellence , Dilley, John., Maggs, Bruce., Parikh, Jay., Prokop, Harald., Sitaraman, Ramesh., Weihl, Bill.( 2002), Globally Distributed Content Delivery, Akamai Technologies: Global Deployment of Data Centers. Hal: 50-58 Google AdSense Success Story. Cosa Aranda Graham, R., (2007). Advertising Interactively: Creating Efective Online Marketing Campaigns, Second Edition, Learning Crafts Press, 2007. Graham, R. (2007). 20 Things That All Internet Marketers Must Know, Learning Crafts Press Graham, R. (2007). Fishing From a Barrel: Using Behavioral Targeting to Reach the Right People With the Right Ads at the Right Time, Learning Crafts Press. Molenaar, C.N.A. (2002). The Future of Marketing: Practical Strategies for Marketers in the Post-internet Age, London: Prentice-Hall. Martin-Gill., Hartman S., Lalchand., Schwarz., and Wehrmaker, C; E-Bay . (2009).The Coming Evolution in Affiliate Marketing: A Focus on Quality, Volume 2 Issue 1. SEMJ Nixu, How internet works Musser, John., Tim O?Really. (2006). Web 2.0 Principles and Best Practices.O?Reilly Radar Blattberg, Robert C., Deighton John. (1991). Interactive Marketing: Exploiting the Age of Addressability. Sloan Management Review. Kincaid, J.W. (2003). Customer Relationship Management: Getting It Right!, Prentice- Hall, Inc. Wallington & Redfern, IAB Affiliate Marketing Handbook Series
Aktivitas Pembagian Lima Kelompok Mahasiswa Penjelasan Tugas Masing-Masing Kelompok

 

Minggu Ke 2
Materi Konsep-Konsep Pemasaran Interaktif: - Konsep Utama Internet Marketing - Strategi dan Taktik Berfokus Pada Konsumen - Trend Pemasaran Interaktif
Media Laboratorium Multimedia
Referensi Blattberg & Deighton, 1991, (33/1), 12 Chaffey, Mayer, Johnson, & Chadwick, 2000 Bab 2. Chaffey & Smith, 2008, Bab 1 Cross & Smith, 1996, Bab 1.
Aktivitas Menjelaskan perbedaan antara pemasaran konvensional dan pemasaran baru. Laboratorium Multimedia Menjelaskan perbedaan sistem kerja dan pembuatan email, mailing list, forum, website, blog dan social networking site QUIZ 1 Presentasi Kelompok 1 Laboratorium Multimedia Menjelaskan sistem kerja Data Mining, Akamai, Google Analytic QUIZ 2 Presentasi Kelompok 2

 

Minggu Ke 3
Materi Cara Internet Bekerja: - Apa itu internet - Internet sebagai alat mengakses informasi, - Pemahaman world wide web, internet, intranet dan ekstranet, - Kontak internet sebagai pengguna, dan hosting a website.
Media Laboratorium Multimedia
Referensi Chaffey, Mayer, Johnson, & Chadwick, 2000, Bab 3. Nixu, How internet works
Aktivitas Menjelaskan perbedaan sistem kerja dan pembuatan email, mailing list, forum, website, blog dan social networking site QUIZ 1 Presentasi Kelompok 1

 

Minggu Ke 4
Materi Akses Informasi Internet: - Metode-metode untuk memperoleh informasi, - Pengelolaan informasi, strategi riset pemasaran, dan pola pencarian informasi konsumen dan implikasi untuk pemasar.
Media Laboratorium Multimedia
Referensi Chaffey, Mayer, Johnson, dan Chadwick, 2000, Bab 4. ACCA, Finding information on the Internet Dilley, Maggs, Parikh, Prokop, Sitaraman, Weihl, 2002, 50-58
Aktivitas Menjelaskan sistem kerja Data Mining, Akamai, Google Analytic QUIZ 2 Presentasi Kelompok 2

 

Minggu Ke 5
Materi Menciptakan dan Membangun Website (1): - Perencanaan pengembangan website, awal proyek website, dan analisis untuk pengembangan website. - Teknik-teknik promosi offline, dan teknik-teknik integrasi promosi online dan offline.
Media Laboratorium Multimedia
Referensi Chaffey, Mayer, Johnson, dan Chadwick, Bab 8. Musser, Tim O?Really, 2006
Aktivitas Menganalisis pembuatan web statis dan web dinamis QUIZ 3 Presentasi Kelompok 3

 

Minggu Ke 6
Materi Menciptakan dan Membangun Website (2): Pendisainan isi website, pengembangan grafik dan teks, dan faktor-faktor kesuksesan dalam membangun website.
Media Laboratorium Multimedia
Referensi Chaffey, Mayer, Johnson, dan Chadwick, Bab 8. Graham (G1, 2, 3)
Aktivitas Menganalisis perbedaan antara desain web 1.0 dan web 2.0 QUIZ 4 Presentasi Kelompok 4

 

Minggu Ke 7
Materi Strategi Promosi Website: - Peranan promosi website, - Teknik-teknik promosi online, - Online advertising, - Metode lain promosi online, - Teknik-teknik promosi offline, dan teknik-teknik integrasi promosi online dan offline.
Media Laboratorium Multimedia
Referensi Chaffey, Mayer, Johnson, dan Chadwick, 2000, Bab 9. Zeff dan Aronson, Advertising on the Internet. Google Adsense Success Story Martin-Gill dkk, 2009, Volume 2 Issue 1 NY Falcon.com, The Basic of Affiliate Marketing Wallington & Redfern, IAB Affiliate Marketing Handbook
Aktivitas Analisis Google Adsense/Adword, Adbrite, Chikita, Associate Amazon, dan Program Affiliate lainnya QUIZ 5 Presentasi Kelompok 5

 

Minggu Ke 8
Materi Ujian Tengah Semester
Media Lembar Penilaian
Referensi
Aktivitas Mahasiswa telah menyiapkan nama domain, hosting, platform, dan fitur dasar web dll yang ditentukan oleh dosen penguji.

 

Minggu Ke 9
Materi Transaksi E-commerce: - Pemahaman, sejarah dan peranan e-commerce, - Transaksi melalui internet, pengelolaan resiko keamanan, - Alat-alat implementasi e-commerce, - Pasar konsumen dan bisnis e-commerce, dan lingkungan komersial untuk e-commerce.
Media Laboratorium Multimedia
Referensi Chaffey, Mayer, Johnson, dan Chadwick,(2000). Bab 11. The OECD Definition of Internet and E-Commerce Transactions: Measuring the information economy, 2002 Avaliani, Successful E-business systems ? Paypal Paypal ? Website Payments Standard Integration Guide
Aktivitas Menganalisis cara kerja pembayaran dengan e-banking, paypal dll QUIZ 6 Presentasi Kelompok 5

 

Minggu Ke 10
Materi Pengukuran Efektivitas Pemasaran Interaktif: - Pemeliharaan proses, tanggung jawab dalam pemeliharaan website, dan - Pengukuran efektivitas pemasaran interaktif.
Media Laboratorium Multimedia
Referensi Burby, J. (2 Juni 2009) What is digital analysis. Harrison, M. (18 Juni 2009), Interactive metrics: What you really need to know, iClarity, Online Marketing Company Brustin, C. (n.d.). Translating google analytics into marketing metrics. Scotto, Silliti, Vernaza, Succi, (n.d.) Webmetrics: A tool for improving software development. Chaffey, Mayer, Johnson, dan Chadwick, (2000), Bab 12. Webtrends corporation, 2000, Webtrends Log Analyzer
Aktivitas Analisis WebMetric, Webtrend QUIZ 7 Presentasi Kelompok 4

 

Minggu Ke 11
Materi Pengembangan Strategi Pemasaran Interaktif: - Integrasi strategi pemasaran interaktif dengan strategi bisnis dan pemasaran, - Tahapan pengembangan website, rencana pemasaran interaktif, dan - Saluran, struktur pemasaran dan internet.
Media Laboratorium Multimedia
Referensi Chaffey, Mayer, Johnson, dan Chadwick, (2000) Bab 5, 6 dan 7. Spiller, L., dan Baier, M. (2009), Bab 3. Drego, V. L. (2009). The Forrester Wave: Interactive MarketingAgencies - Web Design Capabilities Q2, 5 June 2009 Graham (G1, 2, 3)
Aktivitas Melihat perbedaan antara demografi, psikografi, synchografi, dan technografi konsumen Indonesia QUIZ 8 Presentasi Kelompok 3

 

Minggu Ke 12
Materi Relationships Marketing dalam Pemasaran Interaktif: - Relationship marketing, - Pemahaman dan pengukuran nilai customer relationships, - Tahapan dalam relationship, dan penciptaan hubungan melalui Customer Relationships Management (CRM). - Membangun Database
Media Laboratorium Multimedia
Referensi Chaffey, Mayer, Johnson, dan Chadwick, (2000). Bab 10. Spiller & Baier, (2009). Bab 2 Herb Edelstein,c360 Documents Pack for Microsoft Dynamics CRM 4.0
Aktivitas Analisis isi web statis dan dinamis yang menggunakan CRM QUIZ 9 Presentasi Kelompok 2

 

Minggu Ke 13
Materi Pemasaran Interkatif Di berbagai Sektor - ?B-to-C? Pemasaran Interaktif (Awal internet retail, the Internet Retail Market (IRM), pemasaran internet retail, dan pasar internet retail di masa datang) - ?B-to-B? Pemasaran Interaktif (Perbedaan antara pasar B-to-B dan B-to-C, pasar alami B-to-B, dan pemasaran internasional B-to-B. C-C pasar) - Non-Profit, Political, Governmental, Sports
Media Laboratorium Multimedia
Referensi Chaffey, Mayer, Johnson, dan Chadwick, (2000). Bab 13. Chaffey, Mayer, Johnson, dan Chadwick, (2000). Bab 14 Spiller & Baier, (2009). Bab 14
Aktivitas Analisis marketplace, e-mall, ebay dll. Analisis prosumen, wikinomic, virtual word of mouth, dan electronic word of mouth QUIZ 10 Presentasi Kelompok 1

 

Minggu Ke 14
Materi Aplikasi Matematika dan Matriks Pemasaran Interaktif - Penentuan Target Pasar - Pengukuran adalah kunci - Merencanakan Anggaran Marketing Langsung
Media Laboratorium Multimedia
Referensi Spiller & Baier, (2009), Bab 1
Aktivitas Presentasi Proyek Web Kelompok 1-3

 

Minggu Ke 15
Materi Pemasaran Interaktif di Masa Depan: Faktor-faktor yang berperanan dalam adopsi masa depan internet, kecenderungan masa depan, seleksi kecenderungan yang benar untuk diikuti, dan isu-isu etika dalam pemasaran interaktif.
Media Laboratorium Multimedia
Referensi Chaffey, Mayer, Johnson, dan Chadwick, (2000). Bab 15. Promotions 2.0
Aktivitas Presentasi Proyek Web Kelompok 4-5

 

Minggu Ke 16
Materi Ujian Akhir Semester
Media Lembar Penilaian
Referensi
Aktivitas Pengumpulan semua tugas (Respon Paper, Presentasi Kelompok-PPT-REVISI) dan Web Interaktif Offline dalam CD